PROPOSAL KEGIATAN USAHA WARUNG MIE ACEH
Diposting oleh Dhamar Arif Rahman | Label: tugas | Posted On Minggu, 09 Juni 2013 at 06.54
PROPOSAL KEGIATAN USAHA WARUNG MIE ACEH
I.LATAR
BELAKANG
Mie
Aceh adalah salah satu masakan yang digemari oleh orang indonesia. Didalam
pemasarannya h hanya sedikit sekali mie aceh yang dikemas dengan profesional.
DI sekitar jakarta dan bogor hanya ada satu warung mie aceh yang saya rasa
dikemas dengan profesional.
Mengapa
warung mie aceh harus dikemas dengan sangat profesional ? karena saya adalah salah
satu pecinta masakan aceh. Dan selama
saya berburu masakan aceh, banya saya jumpai pelanggan yang kurang puas dengan
pelayanan dari warung mie aceh yang tidak dikemas dengan profesional. Namun
walupun dikemas dengan profesional, harga tentu harus bersahabat dengan
konsumen.
II.
tujuan
Tujuan
saya memililh jenis usaha ini yaitu :
1.
Mencari
keuntungan
2.
Salah
satu usaha untuk melesatarikan kuliner nasional
3.
Mencapai
target penjualan
III.
Segmentasi Produk
·
Menganalisa
potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani
agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat
(konsumen)
·
Menentukan
objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi
yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen)
·
Menetapkan
target pasar / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan
cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam
membelinya.
IV. Keunggulan Produk
Keunggulan dari roduk ini yaitu :
1. Memliki
berbagai macam-macam masakan khas aceh
2. Mempertahankan
citara unik khas aceh, yaitu asam, dan pedas, dengan mngikuti selera masyarakat
local.
3. Bahan-bahan
produk yang segar, karena kami sadar bahwa bahan baku yang segar, mempengaruhi
citarasa dari masakan kami.
4. Pelayanan
yang memuaskan.
V. Analisa SWOT
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah
mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui
analisis SWOT:
1. Strength
Kekuatan dari produk ini adalah:
·
Menjual produk untuk semua kalangan
·
Menjual berbagai macam makanan khas aceh
·
Bahan-bahan yang berkualitas
·
Pelayanan terbaik dan memuaskan.
2. Weakness
Kelemahan dari produk ini adalah :
·
Sedikit lebih mahal dari mie aceh yang ada sekarang,
mengingat kami menggunakan bahan-bahan yang terbaik dikelasnya.
·
Hanya menggapai konsumen di daerah bogor dan
sekitarnya, Karena kami akan membuka Warung Mie Aceh ini daerah kabupaten
Bogor.
3. Opportunity
·
Tempat Strategis, karena kami rencana membuka usaha
ini di Jalan Raya Pemda, mengingat ini adalah salah satu jalan protocol yang
banyak dilalui oleh masayarakat dan pejabat daerah setmpat.
4. Threath
Adanya
koki yang coba membocorkan rahasia masakan kami, mengingat tidak mungkin
pemilik menjadi juru masak di restorannya.
VI. Analisa 4P
1. Product
Product andalan yang kami juala adalah Mie Aceh, dan
beberapa tambahan seperti masakan aceh yang lainnya.
2. Price
Harga yang kami tawarkan untuk sebuah mie aceh komplit
(udang, daging, cumi) adalah Rp.23.000. martabak telor khas aceh kami jual
dengan harga Rp.15.000 per porsi. Dan berbagai masakan khas aceh lainnya mulai
dari Rp.10.000 – Rp.70.000.
3. Promotion
Dalam melakukan promosi kami menyebarkan beberapa
brosur, dan melakukan pemasangan iklan di jalan jalan, lalu pemasangan iklan
pada Radio local.
4. Place
Tempat yang kami pilih adalah di jalan raya pemda,
kabupaten bogor, kecamatan cibinong, yang menjadi salah satu jalan protocol
pemerintahan derah kabupaten Bogor, dan sebagai jalan alternative ke daerah
depok jawa barat.
VII. Aspek Keuangan
1. Aspek
Modal
a. Bahan
Baku
i.
gram mie basah/ kuning Rp 12.000
ii.
kaldu sapi Rp. 5000
iii.
udang basah Rp.30.000
iv.
tomat Rp. 20.000
v.
bawang putih Rp. 40.000
vi.
bawang merah Rp.60.000
vii.
tauge Rp. 20.000
viii.
kol Rp.30.000
ix.
cuka Rp.6000
x.
kecap manis cap singa Rp.20.000
xi.
daun bawang Rp.10.000
xii.
sledri Rp. 10.000
xiii.
garam Rp. 10.000
xiv.
minyak goring Rp.10.000
TOTAL : Rp.283.000,00
b. Modal :
Bahan baku + bahan baku tambahan + ongkos angkut =
283.000 + 40.000 + 10.000 = Rp.333.000
2. Perhitungan
Keuntungan.
Harga Jual: Rp 22.000 x 40 porsi = Rp 880.000
Harga Pokok Produk perunit:
Harga beli bahan baku RP 40000
Ongkos angkut Rp 10000
---------
Rp 50000
Harga Pokok Produk perunit:
Harga beli bahan baku RP 40000
Ongkos angkut Rp 10000
---------
Rp 50000
Biaya penjualan:
Biaya pembuatan brosur Rp 30.000
Biaya transportasi RP 30.000
Biaya sewa tempat Rp 250.000
Biaya listrik dan air Rp 10.000
Biaya komunikasi Rp 20.000
Biaya lainnya Rp 10.000
---------
Rp 350.000
VII. Penutup
Harapan saya untuk produk "MIE ACEH" Adalah
supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya
mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini
sangat bagus dan berkualitas.
saya bila ingin tahu bahan beli dimana yah ..sy rencana mau coba buka usaha makan di komplek saya tinggal insya allah peminat ada thx