Software yang digunakan untuk pemrograman Java

Diposting oleh Dhamar Arif Rahman | Label: | Posted On Minggu, 09 Juni 2013 at 06.59


Banyak sekali software yang dapat digunakan untuk membuat sebuah program Java. Anda dapat menggunakan notepad, notepad++, EditPlus, NetBean, atau menggunakan JCreator. Pada postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan cara menginstall dan mensetting EditPlus supaya Anda dapat membuat sebuah program Java pada software tersebut. Kenapa saya menggunakan EditPlus? Saya menggunakan software ini karena software ini sangat simple dan tidak memerlukan banyak memory.

Cara menginstall dan mensetting EditPlus di komputer Anda.
1. Pertama-tama Anda harus menginstall dahulu  JDK (Java Deveplopment Kit) dan Java API Documentation. JDK dan Java API yang saya gunakan masih versi 21 tetapi di sini saya akan memberikan untuk Anda yang belum memiliki JDK dan Java API Documentation dengan versi 23, Anda dapat mendownloadnya di sini. Untuk mendownload JDK (Java Development Kit), Anda cari kotak dialog seperti ini
kemudian Anda klik Download JDK. Untuk mendownload Java API Documentaion, Anda cari kotak dialog seperti ini
kemudian Anda klik Download Zip. Setelah Anda sukses mendownload kedua file tersebut kemudian Anda pertama-tama install dulu JDK-nya. Anda tinggal klik mengikuti instruksinya saja untuk menginstall JDK. Kemudian setelah selesai menginstall JDK sekarang Anda install Java API Documentaion. Cara installnya mudah, Anda extract Java API yang Anda download tadi ke dalam folder C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_23\. File yang Anda extract akan berbentuk folder bernama "doc".
2. Kemudian untuk Anda yang belum memiliki software EditPlus, Anda dapat mendownload software EditPlus yang saya gunakan di sini. EditPlus yang saya gunakan di sini adalah EditPlus versi 3.10.
3. Kemudian jika Anda telah berhasil mendownloadnya, Anda harus meng-extractnya dulu menggunakan winrar atau software compress lainnya.
4. Setelah Anda extract, Anda buka folder EditPlus 3.10, kemudian Anda klik 2x program "epp310_en.exe" untuk menginstall software tersebut. Ikuti saja petunjuk installasinya.
5. Setelah Anda berhasil install EditPlus, software tersebut akan meminta Anda untuk registrsi. Anda cukup klik 2x program "EditPlus 2.10c Keymaker.exe" yang berada dalam folder EditPlus 3.10.
6. Anda tekan yes kemudian akan muncul kotak dialog seperti ini
7. Anda tinggal mengisikan nama Anda pada user name kemudian tekan generate it.
8.  Setelah itu copy User Name dan Registration Code yang tampil pada key maker ke EditPlus. Setelah Anda copy semuanya EditPlus pun siap digunakan.
9. Setelah Anda selesai menginstall EditPlus sekarang Anda harus mensetting dulu supaya bisa menjalankan program Java yang Anda buat. Cara settingnya Anda klik Tool >> Configure User Tools..
kemudian akan muncul kotak dialog Preferences, setelah muncul kotak dialog tersebut Anda klik Add Tool >> Program. Anda isikan seperti ini

Menu text : Java Compiler
Command: C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_23\bin\javac.exe
Argument: $(FileName)
Initial directory: $(FileDir)

Setelah Anda isikan seperti di atas kemudian Anda klik lagi Add Tool >> Program. Kemudian Anda isikan seperti ini

Menu text : JavaRun
Command: C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_23\bin\java.exe
Argument: $(FileNameNoExt)
Initial directory: $(FileDir)

Setelah Anda isi seperti di atas kemudian klik Apply kemudian klik Ok
10. EditPlus pun siap digunakan untuk menjalankan program Java yang nanti akan Anda buat.
 

Comments:

There are 0 komentar for Software yang digunakan untuk pemrograman Java

Posting Komentar