PROPOSAL KEGIATAN USAHA WARUNG MIE ACEH

Diposting oleh Dhamar Arif Rahman | Label: | Posted On Minggu, 09 Juni 2013 at 06.54

  PROPOSAL KEGIATAN USAHA WARUNG MIE ACEH
I.LATAR BELAKANG
Mie Aceh adalah salah satu masakan yang digemari oleh orang indonesia. Didalam pemasarannya h hanya sedikit sekali mie aceh yang dikemas dengan profesional. DI sekitar jakarta dan bogor hanya ada satu warung mie aceh yang saya rasa dikemas dengan profesional.
Mengapa warung mie aceh harus dikemas dengan sangat profesional ? karena saya adalah salah satu pecinta masakan aceh.  Dan selama saya berburu masakan aceh, banya saya jumpai pelanggan yang kurang puas dengan pelayanan dari warung mie aceh yang tidak dikemas dengan profesional. Namun walupun dikemas dengan profesional, harga tentu harus bersahabat dengan konsumen.
II. tujuan
Tujuan saya memililh jenis usaha ini yaitu :
1.      Mencari keuntungan
2.      Salah satu usaha untuk melesatarikan kuliner nasional
3.      Mencapai target penjualan
III. Segmentasi Produk
·         Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)
·         Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen)
·         Menetapkan target pasar / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.

IV. Keunggulan Produk
Keunggulan dari roduk ini yaitu :
1.      Memliki berbagai macam-macam masakan khas aceh
2.      Mempertahankan citara unik khas aceh, yaitu asam, dan pedas, dengan mngikuti selera masyarakat local.
3.      Bahan-bahan produk yang segar, karena kami sadar bahwa bahan baku yang segar, mempengaruhi citarasa dari masakan kami.
4.      Pelayanan yang memuaskan.




V. Analisa SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1.      Strength
Kekuatan dari produk ini adalah:
·         Menjual produk untuk semua kalangan
·         Menjual berbagai macam makanan khas aceh
·         Bahan-bahan yang berkualitas
·         Pelayanan terbaik dan memuaskan.

2.      Weakness
Kelemahan dari produk ini adalah :
·         Sedikit lebih mahal dari mie aceh yang ada sekarang, mengingat kami menggunakan bahan-bahan yang terbaik dikelasnya.
·         Hanya menggapai konsumen di daerah bogor dan sekitarnya, Karena kami akan membuka Warung Mie Aceh ini daerah kabupaten Bogor.
3.      Opportunity
·         Tempat Strategis, karena kami rencana membuka usaha ini di Jalan Raya Pemda, mengingat ini adalah salah satu jalan protocol yang banyak dilalui oleh masayarakat dan pejabat daerah setmpat.
4.      Threath
Adanya koki yang coba membocorkan rahasia masakan kami, mengingat tidak mungkin pemilik menjadi juru masak di restorannya.
VI. Analisa 4P
1.      Product
Product andalan yang kami juala adalah Mie Aceh, dan beberapa tambahan seperti masakan aceh yang lainnya.
2.      Price
Harga yang kami tawarkan untuk sebuah mie aceh komplit (udang, daging, cumi) adalah Rp.23.000. martabak telor khas aceh kami jual dengan harga Rp.15.000 per porsi. Dan berbagai masakan khas aceh lainnya mulai dari Rp.10.000 – Rp.70.000.
3.      Promotion
Dalam melakukan promosi kami menyebarkan beberapa brosur, dan melakukan pemasangan iklan di jalan jalan, lalu pemasangan iklan pada Radio local.
4.      Place
Tempat yang kami pilih adalah di jalan raya pemda, kabupaten bogor, kecamatan cibinong, yang menjadi salah satu jalan protocol pemerintahan derah kabupaten Bogor, dan sebagai jalan alternative ke daerah depok jawa barat.
VII. Aspek Keuangan


1.      Aspek Modal
a.       Bahan Baku
                                                              i.      gram mie basah/ kuning Rp 12.000
                                                            ii.      kaldu sapi Rp. 5000
                                                          iii.      udang basah Rp.30.000
                                                          iv.      tomat Rp. 20.000
                                                            v.      bawang putih Rp. 40.000
                                                          vi.      bawang merah Rp.60.000
                                                        vii.      tauge Rp. 20.000
                                                      viii.      kol Rp.30.000
                                                          ix.      cuka Rp.6000
                                                            x.      kecap manis cap singa Rp.20.000
                                                          xi.      daun bawang Rp.10.000
                                                        xii.      sledri Rp. 10.000
                                                      xiii.      garam Rp. 10.000
                                                      xiv.      minyak goring Rp.10.000
TOTAL : Rp.283.000,00
b.      Modal :
Bahan baku + bahan baku tambahan + ongkos angkut =
283.000 + 40.000 + 10.000 = Rp.333.000
2.      Perhitungan Keuntungan.
Harga Jual: Rp 22.000 x 40 porsi = Rp 880.000
Harga Pokok Produk perunit:
Harga beli bahan baku     RP 40000
Ongkos angkut             Rp 10000
                          ---------
                          Rp 50000

Biaya penjualan:
Biaya pembuatan brosur Rp 30.000
Biaya transportasi     RP 30.000
Biaya sewa tempat      Rp 250.00
0
Biaya listrik dan air  Rp 10.000
Biaya komunikasi       Rp 20.000
Biaya lainnya          Rp 10.000
                       ---------
                       Rp 350.000


VII. Penutup
Harapan saya untuk produk "MIE ACEH" Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.



Comments:

There are 1 komentar for PROPOSAL KEGIATAN USAHA WARUNG MIE ACEH

Posting Komentar