Keuntungan dan Kerugian Hacker dalam Lingkungan Sosial

Diposting oleh Dhamar Arif Rahman | Label: | Posted On Minggu, 09 Juni 2013 at 07.01


      Dalam lingkungan sosial secara luasnya yaitu suatu Negara maupun masyarakat pada umumnya, pengaruh Hacker dapat dikatakan merugikan atau menguntungkan. Keuntungan hacker dalam sebuah komunitas sosial yaitu keberadaan hacker ini dapat menjadi feedback atau umpan balik yang baik akan kelemahan dari suatu sistem. Meskipun memang terkadang keberadaan hacker di masyarakat pada umumnya seringkali dianggap membawa pengaruh yang buruk. Tetapi apabila hacker tersebut memberikan feedback bagi mereka maka akan membuat pandangan mereka berubah dan menganggap hacker tersebut memberikan suatu jaminan akan keamanan pada suatu sistem tertentu.
      Di mata internasional, hacker diibaratkan sebagai suatu "mata-mata" yang dapat menyusup masuk ke dalam suatu sistem. Sehingga keberadaan suatu Negara yang memiliki hacker yang baik akan dianggap sebagai Negara yang maju teknologinya. Misalnya, negara di Eropa Timur seperti Ukraina saat ini banyak diajukan sebagai referensi untuk pertukaran pemuda antar Negara yang bertujuan untuk Perkembangan IPTEK. Ukraina terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak hacker. 
       Namun ada juga kerugian hacker di dalam komunitas sosial adalah apabila hacker tersebut merupakan hacker yang tidak baik ( cracker ) yang dapat menyebarkan fitnah secara luas dan memecah belah suatu masyarakat. Misalnya kejadian antara Indonesia dengan Malaysia yang cukup menimbulkan persitegangan antara kedua belah pihak karena ulah hacker yang tidak bertanggung jawab.
       Selain itu, nama Negara yang bersangkutan juga akan menjadi buruk di dunia internasional yang dapat menyebabkan koneksi ke Negara tersebut dibatasi seperti adanya blocking IP, ataupun peringatan akses ilegal dari kode IP suatu Negara yang masuk Blacklist (Daftar Hitam).

Sumber : http://aditmaul.blogspot.com/2008/03/keuntungan-dan-kerugian-hacker-dalam.html

Comments:

There are 0 komentar for Keuntungan dan Kerugian Hacker dalam Lingkungan Sosial

Posting Komentar