Disiplin Diri

Diposting oleh Dhamar Arif Rahman | Label: | Posted On Minggu, 09 Juni 2013 at 06.58


A.                Apakah Disiplin Diri itu ?
Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, Disiplin berarti melatih batin dan watak supaya perbuatannya menaati tata tertib. Disiplin diri berarti melatih diri melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara berkesinambungan untuk meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup.

B.                Mengapa kita perlu disiplin ?
Disiplin diri akan terasa manfaatnya jika kita memiliki suatu impian dan cita – cita yang ingin dicapai. Kita harus mendisiplinkan ( melatih ) diri untuk mengerjakan hal – hal yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, di dunia ini dibuat peraturan – peraturan yang disertai hukuman yang setimpal. Hal ini tidak lain agar setiap manusia mau belajar hidup disiplin dan menaati aturan yang ada sehingga dunia tidak kacau balau dan seseorang tidak dapat berbuat sekehendak hatinya.

C.                  Mengapa disiplin itu sulit ?
Kebiasaan yang kita lakukan akan menentukan masa depan kita. Kebiasaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik, begitupun sebaliknya, namun untuk membiasakan kebiasaan baik itu tidak mudah. Mengapa demikian ?
1.                 Manusia memiliki sifat – sifat mendasar seperti : cenderung bermalas -malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti keinginan hatinya dan keinginan untuk melanggar peraturan – peraturan yang ada.
2.                 Kita selalu menganggap pekerjaan sebagai suatu kewajiban apapun beban yang harus dilakukan, bukan sebagai kesenangan. Pepatah mengatakan “ kita akan lebih mudah menerapkan disiplin diri jika kita mencintai apa yang kita kerjakan ”.
3.                 Manusia cenderung cepat bosan jika melakukan kegiatan yang sama dalam jangka waktu lama.

Analyze:
My philosophy of how to build self-discipline is best explained by an analogy. Self-discipline is like a muscle. The more you train it, the stronger you become. The less you train it, the weaker you become.

Just as everyone has different muscular strength, we all possess different levels of self-discipline. Everyone has some if you can hold your breath a few seconds, you have some self-discipline. But not everyone has developed their discipline to the same degree.

Conclusion :
Don’t compare yourself to other people. It won’t help. You’ll only find what you expect to find. If you think you’re weak, everyone else will seem stronger. If you think you’re strong, everyone else will seem weaker. There’s no point in doing this. Simply look at where you are now, and aim to get better as you go forward.

And do not forget to try hard, ask for support from the nearest person and prayed. Because  God  will not  change  the fate of  His people, if His people would not try to change the  fate better.
 
Then, always being not easily discouraged, and always away from the lazy attitude, and dare to commit to yourself.

Comments:

There are 0 komentar for Disiplin Diri

Posting Komentar