Ilmu dan Budaya

Diposting oleh Dhamar Arif Rahman | Label: | Posted On Kamis, 17 Februari 2011 at 04.47

PENDAHULUAN

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Ilmu Budaya dasar ini.
Di dalam tulisan ini, saya akan menjelaskan apa itu sebenarnya ilmu, pengetahuan, dan budaya.
Pengertian dan unsur-unsur yang mendukungnya.

























ISI
ILMU
Ilmu, ya kata itu pasti sering sekali kita dengar. Namun apakah anda bisa menjelaskan apa definisi ilmu itu sendiri ? apakah ilmu itu sama dengan pengetahuan ?
Saya sendiri pernah mendengar kalau kata ilmu itu berarti “suatu pengetahuan yang berguna, bagi kita maupun orang lain”. Apakah itu benar ? untuk menjawabnya saya akan membahas definisi ilmu di paper tugas saya ini.
Baiklah kita langsung ke pokok pembahasan saja,

DEFINISI ILMU
Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya[2].
Ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dariepistemologi.
Contoh: Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (materiil saja) atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika membatasi lingkup pandangannya ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang kongkrit. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jauhnya matahari dari bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi sesuai untuk menjadi perawat.
 (Wikipedia)

Dari definisi yang Wikipedia sebutkan diatas, ternyata ilmu itu adalah “ seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia, dibatasi ruang lingkupnya agar dihasilkan sebuah rumusan yang pasti”.

Kenapa ilmu itu harus dibatasi agar kita tidak terlalu meluas dalam menjabarkan suatu ilmu pengetahuan, contoh apabila kita sedang belajar ilmu alam, kita tidak perlu menjabarkan ilmu social juga.


Lalu, bagaimana dengan arti dari kata Ilmu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ?
il·mu n 1 pengetahuan tt suatu bidang yg disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yg dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu: dia memperoleh gelar doktor dl -- pendidikan; 2 pengetahuan atau kepandaian (tt soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb); 
(KBBI)

seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia, dibatasi ruang lingkupnya agar dihasilkan sebuah rumusan yang pasti
pengetahuan tt suatu bidang yg disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yg dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu: dia memperoleh gelar doktor dl -- pendidikan; 2 pengetahuan atau kepandaian (tt soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb); 

dari kedua pengertian diatas ternyata ada 1 kesamaan, yaitu “ruang lingkup yang terbatas”
dibatasi ruang lingkupnya” (Wikipedia)
yg dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu”  (KBBI)
Jadi kita sepakat dong, kalau “ILMU” itu memiliki ruang lingkup yang dibatasi agar kita dapat menghasilkan sebuah rumusan yang pasti, untuk menerangkan gejala tertentu di bidang pengetahuan itu.

Lalu dari ke-dua pendapat diatas, ternyata ada beberapa syarat supaya suatu pemikirin dapat dikatakan “ILMU”
·         sesuatu yang baru ditemukan
·         menigkatkan pemahaman manusia
·         dibatasi ruang lingkupnya
·         disusun secara bersistem
·         memakain metode tertentu

Jadi dari ke dua pendapat diatas, maka kita dapat menyimpulkan kalau “ILMU” itu adalah, seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia serta dibatasi ruang lingkupnya, disusun secara bersistem, menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu dibidangnya sendiri.




Jadi apakah ilmu dan pengetahuan itu sebenarnya sama ? Ilmu dan Pengetahuan sering diartikan sama, karena saya pensaran saya akan mencoba membedah ke dua hal ini.

PENGETAHUAN

Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsipdan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.
Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah pelbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal.Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut.
(Wikipedia)

pe.nge.ta.hu.an
[n] (1) segala sesuatu yg diketahui; kepandaian: dia mempunyai ~ dl bidang teknik; (2) segala sesuatu yg diketahui berkenaan dng hal (mata pelajaran): di sekolah kami diajarkan ~ jahit-menjahit

(KBBI)

Ternyata ada beberapa syarat supaya sesuatu itu dikatakan pengetahuan, yaitu :

·         Informasi yang diketahui atau disadari
·         Pengetahuan tidak dibatasi
Tedapat kesamaan dari ke dua pendapat diatas yaitu “sesuatu yang diketahui”
Jadi dari ke dua pendapat diatas dapat kita simpulkan kalau Pengetahuan itu adalah
Adalah informasi yang diketahui dan tidak terbatas.





PERBANDINGAN
Sekarang mari kita bandingkan antara Ilmu dan Pengetuan itu sendiri.

Pengertian Ilmu

Jadi dari ke dua pendapat diatas, maka kita dapat menyimpulkan kalau “ILMU” itu adalah, seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia serta dibatasi ruang lingkupnya, disusun secara bersistem, menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu dibidangnya sendiri.

Pengertian Pengetahuan

Adalah informasi yang diketahui dan tidak terbatas.


Ternyata dari pendapat mengenai ilmu itu, terdapat beberapa perbedaan dan syarat mengenai ke dua kata itu sendiri.

ILMU
Terbatas

PENGETAHUAN
Tidak Terbatas


Berbeda Bukan ?










BUDAYA

Pengertian Budaya

Budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, kata ini bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal). Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.[1] Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.[1]
Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.[2]


(WIKIPEDIA)

Diatas tertulis, kalau Budaya itu terbentuk dari beberapa unsur
1.     Sistem Agama
2.     Sistem Politik
3.     Adat Istiadat
4.     Bahasa
5.     Perkakas
6.     Pakaian
7.     Bangunan
8.     Karya Seni


Budaya bersifat luhur, dan sudah mentradisi di dalam suatu komunitas masyarakat, dan sudah di lakukan secara turun-temurun. Terdapat keterikatan pada suatu komuntas dimana budaya itu berkembang.


KESIMPULAN
Jadi menurut saya, antar Ilmu dan Pengetahuan itu berbeda. Karena ilmu itu dibatasi ruang lingkupnya, sedangkan pengetahuan tidak dibatasi ruang lingkupnya.

Sedangkan Budaya itu terbentuk dari unsur-unsur yang kompleks, dan bersifat luhur. 

Comments:

There are 0 komentar for Ilmu dan Budaya

Posting Komentar